Selasa, 05 Mei 2009

MUMI TERCANTIK DI DUNIA

BAGI BAGI WAWASAN

Lihat Biografi
Ilustrasi



- Penemuan mumi di Mesir bukanlah hal yang aneh, tetapi menurut para arkeolog mumi yang baru saja mereka temukan merupakan yang tercantik yang pernah ditemukan di negara itu. Mumi tersebut ditemukan di dekat piramid Saqqara, sebelah selatan ibukota Kairo.

Para arkeolog belum mengidentifikasi mumi itu, namun yang mereka ketahui adalah dia seorang pria yang hidup sekitar 2.300 tahun lalu. Diperkirakan pria itu hidup di zaman dinasti Firaun ke-13. Kepala purbakala Mesir, Zahi Hawass, memuji penemuan itu.

"Mungkin saja ini adalah mumi paling indah di Mesir. Mumi itu sangat indah, dia memakai topeng emas dan tubuhnya ditutupi oleh lukisan,'' ujar Hawass. Ia menambahkan lukisan itu menunjukkan orang Mesir Kuno menggambar pemandangan yang paling indah yang pernah ia lihat di tubuh mumi.

Dalam lukisan itu, ungkap Hawass, ada Maat, dewa kebenaran dan keadilan, dan ada bukti proses memumian serta empat anak Horus. ''Dia menggambar setiap tubuh mumi ini untuk memperlihatkan kehebatan artis tersebut di zaman Mesir Kuno,'' kata Hawass.

Mumi itu dikubur enam meter dibawah pasir gurun, di dalam sarkofagus kayu yang diukir dengan gambar-gambar dewa dan dewi yang indah. Penutup mumi, yang terbuat dari kain linen atau papirus, tampaknya dibuat oleh Anubis, Dewa kematian Mesir.

Maat, dewa kebenaran dan keadilan, tampak mengembangkan sayapnya. Mumi ini memakai penutup kepala biru dan topeng emas. Dalam beberapa hari ini, para pakar akan mempergunakan teknologi sinar x untuk mengungkap lebih rinci identitas mumi Mesir kuno itu, serta bagaimana kehidupannya serta penyebab kematiannya. (bbc/tut)

1 komentar:

  1. Misteri Mesir memang menyenangkan untuk dibahas. Nice post.
    Salam kenal ya?..

    BalasHapus